Aku dan wajahku (Bagian 1)

instagram images
Original photo cr.: irfaniskandar//unsplash

Minggu lalu, seperti biasa kami para mimin ngobrolin soal konten apa yang kira-kira bakalan dipublikasikan di blog ini. Berdedikasi dan cute banget kan kami ini! *dilempar sendal* Selain tentunya kami akan terus jadi channel buat kalian nyeritain kisah kalian, kami juga mikirin kira-kira hal-hal sehari-hari apa yah yang relevan buat banyak perempuan secara kolektif. Dari sekian banyak hal, salah satu yang paling bikin kami penasaran adalah soal make up. Tapi nih ya, mimin-mimin ini mirip-mirip pandangan dan kebiasaannya pake make up. Kalo kami mau asal-bin-sotoy, kami sih bisa aja main ambil deduksi kalo semua engineer cewek ya kayak kami ini pola pemakaian atau pandangannya sama make up. Tapi karena kami cute dan gak mau sotoy, kami nanya deh nih sama kalian-kalian lewat survey ala-ala yang kami sebarin minggu lalu. Ngomong-ngomong, surveynya masih bisa diisi, monggo langsung aja ke sini. Di survey itu, basically kami bikin dua kategori utama, apakah kalian rutin pake make up ato gak. Berdasarkan jawaban kalian di pertanyaan ini, kalian akan dikasih set pertanyaan lanjutan yang relevan.

Sampe artikel ini dibuat, udah ada 79 orang cewek super cantik dan baik hati yang udah ngisi surveynya, dan bahkan nge-share surveynya ke temen-temen mereka. Makasih banget lhoo.. Muach! *kecup basah* Dari 79 orang yang rentang usianya dari 19-48 tahun ini, rasio rutin dan gak rutin pake make up-nya cukup imbang. Dan di artikel hari ini kami mau ngasih hasil survey dari grup cewek cantik yang gak rutin pake make up. Terus terang ngebacain hasil survey ini tuh susah. Susah buat gak ketawa geli. Udah deh langsung aja ke pertanyaan survey (yang kami parafrase) dan jawaban yang berhasil kami kumpulin yaa..

***

Walaupun kamu gak rutin pake make up, pernah atau ada gak occasion yang mengharuskan pake make upOccassionnya apa tuh?

Kalian tau jawaban paling populer apaan? KONDANGAN! Semua gara-gara kondangan! Mau apapun peran kalian di sebuah kondangan, entah itu mempelai, tamu undangan, penerima tamu, ato pagar ayu… Ternyata gincu gak boleh kelupaan. Selain kondangan, banyak juga yang jawab wisuda, ketemu client ato presentasi, ato sekedar keluar ketemu temen-temen. Di antara responden kami juga banyak yang nyeni ternyata, dan ketika mereka harus perform di atas panggung, mau gak mau ya mesti dandan. Oh! Ada jawaban yang bikin kami ngecek KBBI dulu. Sebelum ini, kami gak tau “wasana warsa” itu apaan 😛 Kalian tau gak itu artinya apa? Gak tau? Sana cari tau! 😛

Dalam konteks itu, kamu milih pergi ke salon, make up artist (MUA), ato lebih milih make up sendiri?

Jangan dikira gak rutin pake make up berarti clueless berat soal make up lho! Nyaris 90% dari mereka yang gak rutin pake make up ini ternyata lebih milih make up sendiri. Walau memang untuk acara yang lebih formal, kebanyakan dari mereka akan ke salon ato MUA. Dan di antara mereka ada 2 orang yang bikin saya ngiri karena punya temen yang bisa dan bersedia nge-make up mereka. Baik bangeet temennya Mbaakkk..

Lalu, bagaimana pandangan kamu terhadap mereka yang rutin memakai make up?

Jawaban pertanyaan ini macem-macem. Dari yang macem Desi Ratnasari no comment gitu sampe yang bikin kami ketawa gak abis-abis. Kebanyakan responden sih pandangannya biasa aja sama yang pake make up. Terserah-terserah aja asalkan ybs nyaman dan seneng. Banyak juga yang sebenernya malah kagum gitu sama yang rajin pake make up. Karena selain tentunya mereka peduli sama penampilan dan terlihat cantik dan menarik, mereka ini rajin, tekun, disiplin, dan jago manajemen waktu. Kalo minjem kalimat salah satu responden, “rajin dan tabah.” xDD Ada juga jawaban kocak yang borderline curhat:

“Ya gak kenapa-kenapa, asal gak merugikan orang lain. Contoh: Janjian telat cuma karena ngegambar alisnya ga simetris.”

Ada pengingat berharga juga yang disampaikan mbak-mbak yang gak rutin pake make up ini. Mereka titip pesen supaya terus rajin dan disiplin bersihin wajah, jangan ngebiarin make up gak dibersihin supaya kulit wajah tetep sehat.

Kalo misalnya nih, kamu jadi harus rutin pakai make up. Kira-kira hal apa yang bikin itu sulit buat kamu?

ALIS! Yaampuuun aliiisss… Ini mah mimin-mimin juga setuju. Nyerah deh kalo udah mesti ngegambar alis. Selain masalah gambar-menggambar, entah itu alis, eyeliner, ato bahkan mata panda, yang jadi pertimbangan utama itu soal waktu, biaya, dan skill. Buat ibu-ibu rumah tangga, waktu itu berharga banget. Apalagi pagi-pagi deh, anak-anak mesti disiapin pergi sekolah misalnya. Dan kita semua juga tau kalo make up itu gak murah. Makin gak murah lagi biayanya kalo kulit wajah kita sensitif. Udah keluar duit buat coba-coba produk, eh ternyata gak cocok. Belom lagi kalo kita slebor. Udah beli gincu mahal-mahal, eh trus lupa taro di mana. Beneran! Ini beneran ada yang jawab surveynya dengan “lupa make up-nya taro di mana” xD

***

Segini dulu yah hasil survey “Aku dan Wajahku”-nya. Secara umum pendapat-pendapat kalian yang udah ngisi survey bikin kami seneng ngebacanya. Dari sisi yang gak rutin pake make up kami ngeliat kalo hampir gak ada prejudice negatif terhadap mereka yang rutin pake make up. Paling-paling cuma concern masalah waktu, ato apakah intensitas make up yang dipakai sesuai acaranya ato tidak. Tapi gimana soal pandangan mereka yang rutin pake make up terhadap grup yang sudah kita bahas di atas? Mau tau? Mampir lagi aja minggu depan. Seperti biasa di hari Senin. Jangan lupa! Kalo takut lupa, follow ato subscribe aja ke blog ini. Noh tombolnya ada somewhere di sidebar di kanan atas. Udah dulu deh yee.. Sampe minggu depan! :* :*

 

 

Disclaimer

Dalam menganalisis hasil survey ini, kami gak pake kajian statistik ilmiah gimana-gimana lho.. Jadi hasil ini gak bisa untuk dipake mengeneralisasi, membuat korelasi, ato menyatakan sebab akibat ato apa lah. Hasil survey ini hanya mencerminkan pandangan beberapa individu dan penarikan kesimpulan yang lebih jauh dari situ adalah tidak valid karena, cuy please deh! Datanya gak ngomong kayak gitu!

One Reply to “Aku dan wajahku (Bagian 1)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s