Aku dan wajahku (Bagian 2)

instagram images (2)
Original photo cr.: euniveeerse//unsplash

Minggu lalu, Kami Perempoean nerbitin tulisan tentang rekap dari survey yang mimin-mimin buat tentang kebiasaan pakai make up para pembaca setia blog kami yang kece ini (?). Gak tau survey mana yang kami maksud? Serius, kalian ke mana aja sih? Abis liburan ke Mars? Buat yang abis liburan ke luar angkasa dan gak ada internet, surveynya masih bakal tetep kami buka dan bisa diliat di sini. Tenang aja, walaupun tulisan hari ini adalah tulisan “terakhir” dari survey ini untuk kali ini, gak menutup kemungkinan kok kalau kami bakal mengulas survey ini di kemudian hari! Jadi yang belom berpartisipasi, kalau masih mau isi ya boleh bangeeet.

Tulisan minggu lalu membahas kelompok pertama dari survey kami: cewek-cewek cantik yang memilih untuk gak rutin pakai make up. Nah, tulisan kali ini mau membahas kelompok yang satunya lagi: cewek-cewek super berdedikasi yang rutin pakai make up. Buat yang gak tau, survey kemaren itu mengelompokkan partisipan jadi dua kategori utama ini. Tiap kategori kemudian dikasih set pertanyaan yang berbeda yang relevan dengan kategori mereka. Penasaran pertanyaan-pertanyaannya apa aja? Mau tau? Mau tau aja apa mau tau banget? Langsung aja dech yachhh..

(iya mimin tau kalau bercandaan itu udah last decade banget. Gak usah bawa-bawa umur deh kamu.)

***

Berapa lama waktu yang kamu pakai setiap harinya untuk memakai make up?

Kebanyakan cewek-cewek ini setipe sama mimin dan gak menghabiskan waktu yang lama setiap harinya untuk memakai make up. Kebanyakan cuma menghabiskan waktu antara 10 sampai 15 menit, bahkan kurang dari 10 menit. Tapi ternyata, cukup banyak juga cewek-cewek yang mengalokasikan waktu 15-30 menit dan bahkan lebih untuk memakai make up setiap harinya. Mimin pagi-pagi aja mesti snooze alarm 5 kali baru bangun, jadi mimin punya respek luar biasa sama cewek-cewek ini!

Rutinitas kamu apa aja?

Ada satu barang wajib yang dipakai dari semua cewek-cewek ini: sunscreen/sunblock. Gak heran sih, di Indonesia kan sinar mataharinya luar biasa ya, jadi menurut cewek-cewek ini kulit mereka perlu proteksi dari sinar UV yang bisa menyebabkan kanker kulit atau penuaan dini. Selain itu, wajib juga pakai pelembab. Walaupun sebenernya mimin rada bingung, pelembab itu kayaknya lebih pantas disebut skin care daripada make up kali ya? Selain dua itu, rutinitas para cewek-cewek ini rata-rata mirip sih. Foundation, bb cream, bedak, blush on, lipstik atau lipbalm… Banyak juga yang pakai eyeliner dan pensil alis. Jadi, teman-teman yang kemaren ngerasa sulit pakai make up gara-gara alis, silakan bisa berguru dari para master ini! 😀 Ada juga beberapa responden yang melengkapi make upnya dengan contouring dan bronzer.

Btw, mimin baru tau kalau selain bb cream dan cc cream, ternyata ada yang namanya dd cream juga. Makasih ya informasinya teman-teman!

Bagaimana pandangan kamu sama orang yang gak rutin memakai make up?

Gak jauh beda sama pandangan dari kubu yang gak rutin pakai make up minggu lalu, para cewek-cewek ini kebanyakan ngerasa biasa aja juga sama cewek-cewek yang gak rutin pakai make up. “Gak gimana gimana, suka suka hidup dia,” kata seorang responden. Cool banget gak sih? Ada yang malah bilang, sebenarnya bagus juga kalau gak rutin gak pakai make up! Tapi ada juga yang menilai kalau yang gak pakai make up itu sering keliatan butek dan pucet, atau malah kaya belom mandi. Masa sih? Kayaknya gak gitu-gitu banget sih XD Ada juga yang bilang, kalau gak pakai make up nanti kasian suami, dikirain gak ngasi cukup uang buat beli make up. Hmm…

Ada pesan dari teman-teman yang rajin memakai make up ini, sebaiknya tetep sedikit perawatan dengan memakai pelembab dan sunscreen. Kasian kulitnya, katanya.

Kalau misalnya kamu mesti gak rutin memakai make up. Kira-kira kamu bisa gak?

Untuk pertanyaan yang ini, rada-rada imbang gitu proporsinya. Beberapa cewek-cewek ini kebanyakan bilang gak bisa kalau mesti gak rutin pakai make up. Alasannya macem-macem, tapi kebanyakan merasa kalau mereka gak pakai make up mereka jadi gak pede, keliatan kucel, dan gak profesional.  Ada yang bilang, “Ga bisa, mata saya sipit kaya orang ngantuk kalau ga ada tambhan eye shadow” XD Banyak juga yang bilang, mereka bisa aja gak pakai full make up, tapi masih tetap harus pakai basic-nya, misalnya pelembab, sunscreen, dan bedak.

Ada juga yang cuek aja kalau gak pakai make up, terutama kalau lagi males atau telat bangun. Ini mimin banget sih. Ada juga yang berpendapat kalau sekali-sekali muka mesti dikasih istirahat dari make up. Lagian, katanya, make up kan cuma menonjolkan kelebihan muka.

Tapi, ada yang bilang kalau dia gak bisa sama sekali gak pakai make up terus menerus karena pakai make up itu adalah hobinya dia. “Kalo berhenti sama sekali, sama kayak dilarang beli buku atau ke bioskop. Nanti saya sedih T_T, ” katanya. Hmm, menarik juga.

Kamu pernah gak nyoba sehari tanpa make up? Perasaan/ performa kamu gimana?

Ternyata banyak juga yang pernah nyoba sehari tanpa make up. Walaupun ada yang merasa biasa aja dan malah merasa bebas dan gak ribet, kebanyakan dari teman-teman kita ini ternyata ngerasa gak nyaman banget kalau gak pakai make up. Banyak yang merasa ada yang kelupaan, merasa kucel, kurang pede, dan gak profesional. Akhirnya, beberapa merasa performanya turun dan merasa males. Ada juga yang gara-gara gak pakai make up malah ditanyain, kalau-kalau dia sakit. Tapi, ada juga yang merasa katanya performanya gak ada hubungannya.

Kan bukan mau beauty pageant tapi mau ngantor XD. Jadi perfomanya tetep berbanding lurus sama kopi yang dikonsumsi dan video YouTube yang ditonton pas lagi suntuk ngeliatin layar komputer.

I feel you, sis. I feel you.

***

Yay! Segini dulu deh hasil survey dari Aku dan Wajahku. Mimin gak mau nyimpulin apa-apa sih dari hasil survey ini dan minggu lalu, tapi mungkin mimin mau ngasih saran aja: coba dibaca dua-duanya. Siapa tau, sebelom ini kamu punya pendapat tentang orang-orang yang gak pakai make up atau yang pakai make up, mungkin dengan membaca pendapat dari mereka kamu bisa ngecek apakah pendapat kamu tentang mereka benar atau salah 🙂 Mimin-mimin sih awalnya bikin blog ini buat saling belajar dari satu sama lain, jadi mudah-mudahan hasil survey ini bisa membantu kita belajar tentang orang yang gak satu pandangan sama kita! Ya udah sih segitu aja kata-kata sok bijaknya! Sampai ketemu hari Senin depan!

 

 

Disclaimer

Dalam menganalisis hasil survey ini, kami gak pakai kajian statistik apa-apa. Kami gak tau hasilnya signifikan secara statistik atau gak. Hasil ini gak bisa untuk dipake mengeneralisasi, membuat korelasi, ato menyatakan sebab akibat. Hasil survey ini hanya mencerminkan pandangan beberapa individu dan penarikan kesimpulan yang lebih jauh dari situ adalah tidak valid karena, cuy please deh! Datanya gak ngomong kayak gitu! Samplenya aja dikit banget. Duh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s