Senandung Ria #2: Aku dan Tubuhku

Halo para pembaca Kami Perempoean! Gimana libur panjang lebarannya? Mudah-mudahan semuanya menikmati waktu untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga 🙂 Kami Perempoean juga kemaren liburan postnya, biar miminnya berasa libur juga. Buat menemani hari Senin pertama setelah libur panjang ini, Kami Perempoean hari ini kembali dengan seri mixtape tentang isu-isu perempuan. Di bagian kedua ini, kami memilih lagu-lagu yang bertema body issue.

Walaupun masalah yang berkaitan dengan body issue tidak hanya dialami perempuan saja, tetapi perempuan seringkali menjadi kelompok yang paling sering disudutkan dalam isu-isu yang terkait dengan tubuh mereka. Pengalaman pribadi mimin aja nih, waktu masih remaja dulu bahkan sampai sekarang, seringkali mimin merasa minder tentang tubuh mimin. Mimin gak keliatan seperti cewek-cewek yang ada di sampul-sampul majalah. Iya mimin tau kalau foto-foto itu hasil edit-an, tapi kadang-kadang secara gak sadar mimin ngebandingin diri juga. Terus kalau liat temen-temen yang kurus tinggi semampai, mimin minder. Padahal mimin tau, mau puasa 40 hari 40 malam aja kayaknya mimin gak bakalan sekurus itu — udah bawaan orok tulangnya besar! Yang ada mimin masuk rumah sakit.

Di sisi lain, temen-temen mimin yang kurus sering curhat sama mimin. Katanya, tiap ketemu orang mereka selalu dibilang kekurusan, terus disuruh makan. Padahal, mimin tau kalau temen-temen mimin ini yang makannya paling badak. Gak, mereka juga gak cacingan. Udah emang dari sananya mereka dikasih Tuhan badannya kecil. Mungkin kalau mereka makan Big Mac 40 hari 40 malam mereka bisa gemukan, tapi kayaknya sebelom jadi gemuk mereka udah dilarikan ke rumah sakit dulu.

Jadi, yuk kita terima tubuh kita apa adanya! Mimin bukannya bilang kita gak usah menjaga tubuh kita, tapi bentuk tubuh setiap wanita itu berbeda-beda dan gak ada yang salah dengan itu! Lagu-lagu yang ada di mixtape kali ini adalah lagu-lagu yang menerima dan merayakan bentuk tubuh yang sudah dikasih Tuhan. Sambil dengerin mixtape ini, mungkin temen-temen bisa sambil baca tulisan dari Yunik yang bercerita tentang pengalamannya memiliki tubuh yang kecil imut-imut di dunia kerja. Selamat menikmati! Semoga terinspirasi!

One Reply to “Senandung Ria #2: Aku dan Tubuhku”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s