Menolak Diam #2

Kalau pada ngikutin berita akhir-akhir ini, pasti tau kalau sekarang di Hollywood lagi heboh karena banyak banget aktris dan aktor yang akhirnya berani berbicara soal kekerasan dan pelecehan seksual yang mereka alami dan selama ini disembunyikan. #kamiperempoean juga ngebahas dikit soal hal ini di mixtape kami yang lalu. Mimin sih terus terang excited banget ngedengerin perkembangan kasus-kasus ini, dan mimin yakin banyak orang yang setuju sama mimin. Exciting banget gak sih kalau borok yang udah lama disembunyiin akhirnya kebongkar masal kayak begini?

Tapi mimin sadar banget, kalau speaking up dan jadi whistleblower itu sama sekali bukan hal yang gampang. Serius deh, cuma orang-orang yang jiwanya jiwa pahlawan yang berani bicara tentang hal-hal yang gak nyaman kayak begini. Resikonya gede banget, mulai dari diejek, dituduh pembohong, sampai kariernya ancur. Belum lagi kalau hal yang diomongin adalah hal yang sangat traumatis buat orang tersebut yang sebenernya pengen dia lupain aja. Jadi orang yang pertama ngomong emang luar biasa susah, tapi jadi orang-orang yang mengikuti jejak orang yang pertama itu juga gak gampang.

Kalau kata emak mimin, kalau luka diplester pakai Hansaplast mulu, lukanya jadi lama sembuh karena gak kering-kering. Emang sih perih, tapi kalau lukanya kena udara segar jadinya cepet kering dan sembuh. Mimin gak tau sih emak mimin ngarang apa gak, tapi kayaknya analogi ini cocok sama masalah-masalah yang gak nyaman buat dibahas ini. Justru hal-hal yang gak nyaman kayak begini adalah hal-hal yang perlu diangkat ke permukaan. Semakin banyak hal-hal yang kayak gini dibahas, semakin cepet kita menuju ke arah solusinya.

Di mixtape kali ini, mimin-mimin mau mengajak temen-temen buat ikut speak up tentang hal-hal yang gak nyaman ini. Mimin ngerti kok gak gampang, tapi ketika kalian Kalau bukan kita yang ngomong, siapa lagi? Untuk para wanita yang udah berani berbicara, we salute you.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s