Terrifying

Bidang yang gue geluti adalah bidang yang sering dianggep bidang "cowok". Dari jaman S1, temen-temen kuliah gue banyakan cowoknya daripada ceweknya. Jaman S2 juga gak beda jauh. Di tempat kerja, kadang-kadang masih untung kalau ada cewek lain selain gue di satu tim. Di tim gue yang sekarang proporsinya lebih berimbang, tapi dalam satu perusahaan dan …

Mau gak sama cowok yang “lebih rendah”?

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah diskusi di Quora. Pertanyaannya sendiri menarik sekali, ini kutipannya: Bagi para perempuan, apakah kamu keberatan memiliki suami yang lebih “rendah” daripadamu? Sebaliknya, bagi para lelaki, apakah kamu keberatan memiliki istri yang lebih "tinggi" daripadamu? Mengapa? (konteks: gaji, usia, pendidikan, tinggi badan) Jawaban di thread diskusinya sebenernya buat saya …

Ibu rumah tangga dan feminisme

oleh Annisa Ihsani   Kalau bicara tentang feminisme, salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan adalah kemandirian finansial. Gambaran umum yang didapat masyarakat tentang seorang feminis biasanya adalah wanita single dan childless yang berfokus pada karirnya meniti tangga korporat. Jadi ketika seorang wanita bergantung pada pendapatan suaminya untuk bertahan hidup, pantaskah dia disebut seorang feminis? …

Boys will be boys, girls have to be women

Dari awal bulan ini, saya baru aja pindah rumah. Kebetulan, rumah baru saya terletak deket banget sama sebuah SMP yang muridnya cukup banyak. Jadi, tiap pagi waktu jalan ke kantor, saya sering banget ngeliat murid-murid SMP berseliweran lari-lari ke sekolah. Gara-gara ini, saya jadi kadang-kadang jadi agak-agak mengobservasi gaya-gaya para bocah ini yang bermacam-macam. Ada …

Mendeteksi Mansplainer

Minggu lalu, #kamiperempoean ngejelasin soal mansplaining, hal yang sepertinya relevan buat banyak orang khususnya perempuan. Hopefully sih sekarang paling gak kita udah tau ya, hal apa yang pantas dan tidak ketika berdiskusi, minimal kita jadi lebih tau kalau motivasi kita di sebuah diskusi adalah supaya kitanya keliatan wow, mendingan kita tutup mulut aja. “Tapi gimana …

1 sampai 10

"Di antara 1 sampai 10, nilai berapa yang kamu berikan kepada dirimu?" tanya seseorang kepadaku. "Untuk hal apa?" "Tentu untuk dirimu. Apa yang ada padamu, segala hal yang kamu punya, yang kamu capai, kemampuan yang kamu miliki, semua tentangmu. Berapa?" ".........," aku diam sejenak, berpikir keras, banyak hal yang terlintas dalam pemikiran ini, namun aku …

Menjadi wanita adalah menjadi manusia

Fenomena menarik terjadi di Indonesia selama dekade terakhir ini. Semakin banyak pergerakan-pergerakan kewanitaan yang digadang oleh srikandi-srikandi tanah air. Seiring dengan pertumbuhan Indonesia di tengah-tengah dunia global, negara juga tidak mau terlihat acuh. Negara berusaha mengimplementasi kebijakan-kebijakan yang memberikan kesempatan bagi wanita-wanita bangsa untuk dapat berdiri bersisian dengan pria dalam hal karir dan pendidikan. Namun, …

Menyanjung Semua Tanpa Menjatuhkan Yang Sudah Disanjung

Saya mau pengakuan dosa. Pos yang akan kamiperempoean publish di hari Senin selepas hari Kartini hampir saja berisi yet-another-rant tentang bagaimana seharusnya Kartini tidak dijadikan wajah dari perempuan Indonesia secara keseluruhan dan bagaimana masih banyak wanita-wanita lain yang berkontribusi banyak terhadap perjuangan pada umumnya. Saya sudah mulai menyiapkan draft berapi-api tentang bagaimana Martha Christina Tiahahu (pahlawan pribadi saya),Maria …