Mendeteksi Mansplainer

Minggu lalu, #kamiperempoean ngejelasin soal mansplaining, hal yang sepertinya relevan buat banyak orang khususnya perempuan. Hopefully sih sekarang paling gak kita udah tau ya, hal apa yang pantas dan tidak ketika berdiskusi, minimal kita jadi lebih tau kalau motivasi kita di sebuah diskusi adalah supaya kitanya keliatan wow, mendingan kita tutup mulut aja. “Tapi gimana …

Menolak Diam #1: Bukan salah kami!

(Trigger warning: post ini mereferensi beberapa kasus kekerasan dan pelecehan seksual) Beberapa minggu terakhir, media sosial ramai membicarakan kasus di mana beberapa aktris-aktris Hollywood membuka ke publik bahwa Harvey Weinstein, produser film terkemuka, pernah melecehkan mereka secara seksual. Berbagai tanggapan pun muncul dari publik, mulai dari yang mengecam keras, bersimpati, dan bahkan berbagi tentang pengalaman …

Perempuan idaman di mata mereka

“Seperti apa sosok perempuan idaman di matamu?” Saat pertanyaan ini tiba-tiba muncul dari salah seorang pengasuh KamiPerempoean, terbersit hal yang membuat saya penasaran tentang perspektif perempuan idaman dari orang-orang di sekitar saya. Tanpa membuang waktu, saya bereksperimen menanyakan hal ini ke beberapa teman sekantor, kolega di komunitas, satpam, sahabat yang tinggal di kota berbeda, sahabat …

1 sampai 10

"Di antara 1 sampai 10, nilai berapa yang kamu berikan kepada dirimu?" tanya seseorang kepadaku. "Untuk hal apa?" "Tentu untuk dirimu. Apa yang ada padamu, segala hal yang kamu punya, yang kamu capai, kemampuan yang kamu miliki, semua tentangmu. Berapa?" ".........," aku diam sejenak, berpikir keras, banyak hal yang terlintas dalam pemikiran ini, namun aku …

Menjadi wanita adalah menjadi manusia

Fenomena menarik terjadi di Indonesia selama dekade terakhir ini. Semakin banyak pergerakan-pergerakan kewanitaan yang digadang oleh srikandi-srikandi tanah air. Seiring dengan pertumbuhan Indonesia di tengah-tengah dunia global, negara juga tidak mau terlihat acuh. Negara berusaha mengimplementasi kebijakan-kebijakan yang memberikan kesempatan bagi wanita-wanita bangsa untuk dapat berdiri bersisian dengan pria dalam hal karir dan pendidikan. Namun, …

30 Hari Mencari Cinta dan Mengadu Domba Perempuan

Akhir minggu kemaren, mimin-mimin yang ceritanya lagi kurang hiburan dan pengen nostalgia masa muda memutuskan buat nonton ulang sebuah film layar lebar Indonesia yang sempet ngetop banget di jaman kami masih sekolah dulu: 30 Hari Mencari Cinta. Buat yang lupa plotnya karena ini film udah kelamaan atau yang malah gak tau plotnya karena tahun 2004 …

Aku dan wajahku (Bagian 1)

Minggu lalu, seperti biasa kami para mimin ngobrolin soal konten apa yang kira-kira bakalan dipublikasikan di blog ini. Berdedikasi dan cute banget kan kami ini! *dilempar sendal* Selain tentunya kami akan terus jadi channel buat kalian nyeritain kisah kalian, kami juga mikirin kira-kira hal-hal sehari-hari apa yah yang relevan buat banyak perempuan secara kolektif. Dari sekian banyak hal, salah satu yang paling bikin kami penasaran adalah …