Menolak Diam #2

Kalau pada ngikutin berita akhir-akhir ini, pasti tau kalau sekarang di Hollywood lagi heboh karena banyak banget aktris dan aktor yang akhirnya berani berbicara soal kekerasan dan pelecehan seksual yang mereka alami dan selama ini disembunyikan. #kamiperempoean juga ngebahas dikit soal hal ini di mixtape kami yang lalu. Mimin sih terus terang excited banget ngedengerin …

Menolak Diam #1: Bukan salah kami!

(Trigger warning: post ini mereferensi beberapa kasus kekerasan dan pelecehan seksual) Beberapa minggu terakhir, media sosial ramai membicarakan kasus di mana beberapa aktris-aktris Hollywood membuka ke publik bahwa Harvey Weinstein, produser film terkemuka, pernah melecehkan mereka secara seksual. Berbagai tanggapan pun muncul dari publik, mulai dari yang mengecam keras, bersimpati, dan bahkan berbagi tentang pengalaman …

Rak Buku Kami, #2

Halo pembaca setia #kamiperempoean! Minggu ini, kami balik lagi dengan rekomendasi buku-buku yang berhubungan dengan kesetaraan gender, atau yang punya tokoh utama perempuan yang kuat! Buku-buku yang kami rekomendasikan kali ini kebanyakan buku fiksi dengan genre yang berbeda-beda, tapi ada juga satu buku sejarah yang gak kalah menariknya! Tentu aja, buku-buku ini juga udah para mimin baca …

Rak Buku Kami, #1

Halo pembaca setia #kamiperempoean! Apa kabar? Di minggu yang baru ini, kami mau memberikan rekomendasi buku bacaan yang temanya seputar pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Buku-buku di bawah ada dari macam-macam genre, mulai dari biografi sampai fantasi. Dan tentunya, buku-buku ini sudah kami baca sendiri. Semoga kalian jadi tertarik membacanya juga yaa.. 🙂 Oiya, kalau kalian …

Senandung Ria #3: Manusia Kuat

Hai para pembaca setia Kami Perempoean! Apa kabar? Semoga baik-baik saja yaa 🙂 Ngomong-ngomong, sejak kami mempublikasikan Senandung Ria #2: Aku dan Tubuhku, kami jadi semakin sadar kalau musik bisa berpengaruh baik atau buruk, walau mungkin kita sering mendengarkannya sambil lalu saja. Dan sebuah lagu pun tidak bisa dipisahkan dari liriknya. Mixtape Aku dan Tubuhku …

30 Hari Mencari Cinta dan Mengadu Domba Perempuan

Akhir minggu kemaren, mimin-mimin yang ceritanya lagi kurang hiburan dan pengen nostalgia masa muda memutuskan buat nonton ulang sebuah film layar lebar Indonesia yang sempet ngetop banget di jaman kami masih sekolah dulu: 30 Hari Mencari Cinta. Buat yang lupa plotnya karena ini film udah kelamaan atau yang malah gak tau plotnya karena tahun 2004 …

Senandung Ria #2: Aku dan Tubuhku

Halo para pembaca Kami Perempoean! Gimana libur panjang lebarannya? Mudah-mudahan semuanya menikmati waktu untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga 🙂 Kami Perempoean juga kemaren liburan postnya, biar miminnya berasa libur juga. Buat menemani hari Senin pertama setelah libur panjang ini, Kami Perempoean hari ini kembali dengan seri mixtape tentang isu-isu perempuan. Di bagian kedua ini, kami …

Mengapa perempuan?

Mengapa perempuan? Dikatakan dia tak boleh terlalu sendiri Tidak boleh melampau batas Jembatan normatif yang juga dibuat oleh istiadat   Ada pembatas, antara kebebasan dan tradisi Yang tak tahu sampai kapan itu berdiri Mungkin harus menunggu Kartini lagi Datang dengan destruktif dan matang mencoba bicara dengan lantang dan tak dinilai sumbang..   Terasakah suaramu tercekat? …