Gak usah pegang-pegang, gue bukan tiang listrik!

Ciuman di atas bis, dengan seorang laki-laki tak dikenal mungkin terdengar seperti petualangan yang menakjubkan, paling tidak itu yang kudapat dari reaksi beberapa orang temanku yang malah menanyakan apakah laki-laki itu tampan, dan apakah ciumannya enak. Beberapa orang lain mengatakan aku tak perlu was-was, toh itu hanya ciuman, aku bukan diperkosa atau apa. Namun kenyataannya …

Aku perempuan, dan (seharusnya) aku tidak (perlu) takut

Aku lupa di mana aku pernah membaca daftar hal-hal yang tidak akan pernah dimengerti oleh laki-laki tapi merupakan hal yang selalu dilakukan perempuan, seperti misalnya: ketakutan berjalan pulang sendiri, apalagi di malam hari; selalu waspada terhadap suara derap kaki di belakang kita; selalu memantau keadaan sekitar untuk melihat apakah ada orang lain yang bisa mendengar …

Aku perempuan, aku juga seorang ibu bekerja

Menjadi perempuan kadang kala tidak mudah. Pertanyaan jaman masih single “Kapan nikah?” lebih sering ditujukan kepada para perempuan. Karena perempuan semakin berumur dan belum menikah sepertinya terlihat lebih negatif dibandingkan dengan laki-laki yang semakin berumur malah dianggap semakin matang. Setelah menikah pun akan berlanjut dengan pertanyaan selanjutnya “Kapan punya anak?” dan seterusnya. Dilema menjadi perempuan …

Menyanjung Semua Tanpa Menjatuhkan Yang Sudah Disanjung

Saya mau pengakuan dosa. Pos yang akan kamiperempoean publish di hari Senin selepas hari Kartini hampir saja berisi yet-another-rant tentang bagaimana seharusnya Kartini tidak dijadikan wajah dari perempuan Indonesia secara keseluruhan dan bagaimana masih banyak wanita-wanita lain yang berkontribusi banyak terhadap perjuangan pada umumnya. Saya sudah mulai menyiapkan draft berapi-api tentang bagaimana Martha Christina Tiahahu (pahlawan pribadi saya),Maria …

Senandung Ria #1

Haloooo para pembaca! Gimana long weekend kemaren? Semoga menyenangkan yaa.. Ngomong-ngomong, minggu ini kami mau memperkenalkan seri baru nih, seri mixtape atau kompilasi lagu-lagu seputar perempuan. Dibilang seri sebenarnya kurang tepat juga sih, tapi pokoknya kami akan menerbitkan kompilasi lagu semacam ini secara reguler di kemudian hari, bergantian dengan kategori/ seri tulisan yang sudah ada. Kenapa mixtape? Sebenernya ini diawali dari "hobi" …

“Rayuan” menteri bertato Hello Kitty

"Kenapa sih selalu saja jadi berita?" kata Susi di depan awak media yang berkunjung ke rumah dinanya di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (6/4). Pernyataan itu justru mengundang tawa riuh. Bahkan beberapa pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mendampinginya ikut tertawa.  "Saya pakai baju warna hijau, jadi berita. Pakai topi fedora, jadi berita. Pakai …

Aku perempuan, Batak, tapi berperasaan halus

"Baper". Saya sebel banget sama kata yang merupakan singkatan dari "Bawa Perasaan" ini. Menurut saya, 2 kata ini cenderung menunjuk ke arah negatif. Nangis dikit, dibilang baper. Marah dikit, dibilang baper. Tersinggung dikit dbilang baper. Dikit-dikit baper, baper, baper, serius saya muak sama kata BA-PER. Ini hasil tes kepribadian saya dari sebuah situs di Internet. …

Aku perempuan, aku juga seorang insinyur muda

Saat ini saya sedang dalam masa transformasi dari mahasiswa jadi karyawan. Jadi, saya sebenernya bingung mau cerita apa tentang sisi ke-perempuan-an saya. Tapi secara saya luar dalam, dari lahir sampai detik ini masih perempuan, jadi kayaknya apapun yang saya ceritain tentang diri saya mencakup sisi ke-perempuan-an lah ya (termasuk kebiasaan saya bangun siang dan "hemat …

Aku perempuan dan aku menerima diriku apa adanya

Hai, nama saya Yunik. Saya ini kebetulan bekerja di suatu lembaga pengawasan lembaga keuangan, dan kebetulan juga pekerjaan utama saya adalah menangani perizinan kelembagaan bank umum yang berada di wilayah kerja kantor saya, tidak lain dan tidak bukan pastinya di wilayah Nusa Tenggara Timur. Saya sering menerima penilaian-penilaian aneh soal fisik saya dari orang-orang baru …

Aku perempuan dan pendidikan adalah prioritasku

Dari kecil saya suka belajar. Gak tau kenapa tapi sejak kecil saya menganggap belajar itu menyenangkan. Jarang banget orang tua saya memaksa saya untuk belajar. Kebiasaan saya dan adik adalah masuk ke kamar masing-masing setiap jam 6 sore dan belajar semampunya. Semakin besar, saya semakin suka belajar. Ada saja yang ingin saya pelajari. Menurut saya …