Proyek NaNoWriMo 2017

nano

Apaan sih NaNoWriMo?

Jadi, setiap bulan November, berbagai orang dari berbagai macam negara ikutan proyek di internet yang namanya NaNoWriMo (National Novel Writing Month / Bulan Menulis Novel Nasional). Tantangannya adalah menulis 50.000 kata dalam sebulan. 50.000 kata itu BANYAK. Jadi, kuncinya adalah tetep nulis dan gak balik-balik buat ngedit tulisan yang udah ada. Biasanya, hasil dari NaNoWriMo itu adalah draft pertama dari novel yang nantinya bakal diedit lagi setelah selesai.

Terus, emang Kami Perempoean mau ngapain buat NaNoWriMo?

Jadi nih, buat bulan November ini mimin-mimin dan beberapa teman dari #kamiperempoean ngasih tantangan buat diri sendiri. Tantangannya adalah, selama bulan November ini kami bakalan menuliskan refleksi diri sendiri tentang pengalaman kami sebagai perempuan. Selain itu, kami juga bakalan merefleksikan masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan. Nah, kami mau menantang teman-teman juga nih buat menantang dirinya sendiri untuk ngelakuin hal serupa. Intinya sih, kami mengundang temen-temen buat nulis bukan cuma buat nulis semata, tapi buat merefleksikan pengalaman di sekitar kita yang kadang-kadang udah kita take for granted. Dengan cara ini, siapa tau ada hal-hal yang selama ini kita anggap normal dan biasa aja, ternyata setelah dipikir-pikir agak aneh.

Ini proyek individu atau bareng-barang?

Yang namanya menulis novel itu memang mostly kegiatan individu. Tapi, biasanya, kegiatan NaNoWriMo ini melibatkan komunitas lokal. Kadang-kadang, penulis-penulis di satu kota saling ketemu buat bertukar pikiran, nulis bareng, atau sekedar saling nyemangatin. Buat ngecek apakah ada gathering gitu, kalian bisa cek di websitenya NaNoWriMo. Nah, kalo dari pengalaman kami sih, target 50.000 kata itu bener-bener bukan sesuatu yang gampang, walaupun pada akhirnya memang itu pengalaman yang rewarding banget. Cuma dengan ikutan gathering nulis bareng sama komunitas lokal, challenge-nya akan terasa lebih ringan dan actually menyenangkan.

Jadi, #kamiperempoean bakalan ngadain gathering?

#kamiperempoean sebenernya mau banget ngadain gathering atau kopdar buat nulis bareng, tapi apa daya, mimin-mimin kan terdampar di luar negeri nih. Tapi jangan sedih jangan cemberut (?), kami akan tetep ngadain kegiatan bersama yang menyenangkan buat kalian yang mau ikutan tantangan ini. Kami bakalan ngadain writing sprint via Twitter @kami_perempoean . Gimana teknis writing sprint dan kapan? Kalian bisa langsung follow akun kami. 

Abis selesai nulis, ntar tulisannya diapain?

Terserah temen-temen! Mau dibaca sendiri, boleh. Mau diedit terus dikirim ke penerbit, boleh. Kalau beberapa mau dikirim ke #kamiperempoean buat jadi bahan artikel…. BOLEH BANGET! Sebenernya sih mimin-mimin juga awalnya mau ngelakuin proyek ini supaya bisa dapet ide-ide baru tentang masalah yang selama ini gak mimin sadari perlu dibahas. Jadi, kalau kira-kira ada bagian tulisan kalian yang pengen banget kalian share, mimin-mimin bakalan dengan senang hati menerima dan bahkan ngebantuin ngeditnya!

Kalau gak sampai 50.000 kata, gimana dong?

Yaaaa gapapa, namanya juga usaha 😉 Kalau kata orang, yang penting itu bukan cuma hasil akhirnya tapi perjalanannya. Emang sih, bukan berarti kita seenak-enaknya juga terus bodo amat gak sampai 50000 kata. Kita tetep harus berusaha menantang diri kita sendiri buat bisa mencapai target. Tapi, kalau emang ujung-ujungnya gak sampai, ya udah sih. Yang penting, udah ada beberapa pemikiran temen-temen yang udah dituangkan ke tulisan. Mungkin bisa dikirim ke mimin buat diterbitin di blog? 😉

Buat kalian yang tertarik ikutan, silakan langsung aja ke NaNoWriMo.org dan sign up. Jangan lupa juga buat follow @kami_perempoean dan do let us know kalau kalian ikutan. Sampai ketemu di Twitter yah!