Terrifying

Bidang yang gue geluti adalah bidang yang sering dianggep bidang "cowok". Dari jaman S1, temen-temen kuliah gue banyakan cowoknya daripada ceweknya. Jaman S2 juga gak beda jauh. Di tempat kerja, kadang-kadang masih untung kalau ada cewek lain selain gue di satu tim. Di tim gue yang sekarang proporsinya lebih berimbang, tapi dalam satu perusahaan dan …

Senandung Ria #7

Haloooo! Hari ini kami mau ngasih kalian mixtape senandung ria yang KETUJUH! Iya! Udah 7 mixtape aja loh. Hehe.. Btw, mixtape kali ini lagu-lagunya dari genre rock semua. Dan kalau kalian perhatiin, 3 lagu sendiri tuh dari The Regrettes. Mimin baru banget nih nemu band ini dan sukaaaa banget sama lirik-liriknya. Nih contohnya: Sometimes I'm …

Mau gak sama cowok yang “lebih rendah”?

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah diskusi di Quora. Pertanyaannya sendiri menarik sekali, ini kutipannya: Bagi para perempuan, apakah kamu keberatan memiliki suami yang lebih “rendah” daripadamu? Sebaliknya, bagi para lelaki, apakah kamu keberatan memiliki istri yang lebih "tinggi" daripadamu? Mengapa? (konteks: gaji, usia, pendidikan, tinggi badan) Jawaban di thread diskusinya sebenernya buat saya …

Renungan di Hari Kartini

Di tengah hari-hariku yang begitu-begitu saja, yang melulu menatap kodingan dan rumus matematika di depan layar komputerku, hiruk pikuk linimasa akun media sosialku lah yang menjadi pengingat apa-apa saja yang sedang terjadi di sekelilingku. Dan minggu lalu aku diingatkan bahwa sebentar lagi adalah Hari Kartini lewat seorang kakak yang sepertinya sedang mempersiapkan lomba pakaian daerah …

Senandung Ria #6

Halo! Apa kabar? Gak berasa udah nyaris dua bulan semenjak Senandung Ria yang terakhir. Di belahan dunia utara sini, musim semi udah dimulai. Cuaca makin menghangat dan bunga-bunga mulai bermekaran. Mimin udah mulai nyetok teh karena mimin hampir selalu sakit pas pergantian musim kayak begini -_-; Ngomong-ngomong, hari ini mimin-mimin pengen ngebagi playlist baru nih. …

Ibu rumah tangga dan feminisme

oleh Annisa Ihsani   Kalau bicara tentang feminisme, salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan adalah kemandirian finansial. Gambaran umum yang didapat masyarakat tentang seorang feminis biasanya adalah wanita single dan childless yang berfokus pada karirnya meniti tangga korporat. Jadi ketika seorang wanita bergantung pada pendapatan suaminya untuk bertahan hidup, pantaskah dia disebut seorang feminis? …

Boys will be boys, girls have to be women

Dari awal bulan ini, saya baru aja pindah rumah. Kebetulan, rumah baru saya terletak deket banget sama sebuah SMP yang muridnya cukup banyak. Jadi, tiap pagi waktu jalan ke kantor, saya sering banget ngeliat murid-murid SMP berseliweran lari-lari ke sekolah. Gara-gara ini, saya jadi kadang-kadang jadi agak-agak mengobservasi gaya-gaya para bocah ini yang bermacam-macam. Ada …