Terrifying

Bidang yang gue geluti adalah bidang yang sering dianggep bidang "cowok". Dari jaman S1, temen-temen kuliah gue banyakan cowoknya daripada ceweknya. Jaman S2 juga gak beda jauh. Di tempat kerja, kadang-kadang masih untung kalau ada cewek lain selain gue di satu tim. Di tim gue yang sekarang proporsinya lebih berimbang, tapi dalam satu perusahaan dan …

Senandung Ria #7

Haloooo! Hari ini kami mau ngasih kalian mixtape senandung ria yang KETUJUH! Iya! Udah 7 mixtape aja loh. Hehe.. Btw, mixtape kali ini lagu-lagunya dari genre rock semua. Dan kalau kalian perhatiin, 3 lagu sendiri tuh dari The Regrettes. Mimin baru banget nih nemu band ini dan sukaaaa banget sama lirik-liriknya. Nih contohnya: Sometimes I'm …

Mau gak sama cowok yang “lebih rendah”?

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah diskusi di Quora. Pertanyaannya sendiri menarik sekali, ini kutipannya: Bagi para perempuan, apakah kamu keberatan memiliki suami yang lebih “rendah” daripadamu? Sebaliknya, bagi para lelaki, apakah kamu keberatan memiliki istri yang lebih "tinggi" daripadamu? Mengapa? (konteks: gaji, usia, pendidikan, tinggi badan) Jawaban di thread diskusinya sebenernya buat saya …

Perempuan dan pulang malam

Beberapa waktu yang lalu, gue baca sebuah infografis tentang kota-kota di dunia yang paling tidak aman buat perempuan. Dan, yah, Jakarta ada di daftar top 10 gitu deh. Respon gue seketika itu adalah, “Ah ini lebay deh. Gue gak pernah kenapa-kenapa tuh di Jakarta.” Tapi gak berapa lama kemudian gue sadar bahwa respon gue adalah respon …

Renungan di Hari Kartini

Di tengah hari-hariku yang begitu-begitu saja, yang melulu menatap kodingan dan rumus matematika di depan layar komputerku, hiruk pikuk linimasa akun media sosialku lah yang menjadi pengingat apa-apa saja yang sedang terjadi di sekelilingku. Dan minggu lalu aku diingatkan bahwa sebentar lagi adalah Hari Kartini lewat seorang kakak yang sepertinya sedang mempersiapkan lomba pakaian daerah …

Rak Buku Kami, #5

Halo, selamat hari Senin! Kalau kamu ingat, salah satu resolusi Kami Perempoan tahun ini adalah membaca lebih banyak buku! 2018 udah sepertiga jalan nih, gimana progress buku bacaan kalian? 😉 Kalau mimin sih lancar, walaupun ujung-ujungnya mimin baca buku yang genrenya itu lagi itu lagi XD Kalau kalian lagi bingung mau baca buku apa selanjutnya, mimin …

Memangnya kenapa kalau laki-laki menangis?

Seiring dengan semakin banyaknya saya membaca artikel dan buku seputar isu kesetaraan gender, semakin peka pulalah saya dengan hal-hal di sekeliling saya. Pengalaman ini rasanya seolah-olah seperti indera-indera saya dipertajam, if that makes sense. Dan terus terang, pengalaman ini lebih banyak gak enaknya daripada enaknya. Hal-hal yang tadinya masuk telinga kanan keluar telinga kiri, sekarang …

Internalized misogyny: Waktunya kita introspeksi diri

Pernah denger istilah misogyny kan? Isu internalized misogyny ini pernah dibahas di Kami Perempoean lewat artikel Gue nggak kayak cewek-cewek lain, gue beda. Singkatnya, misogyny itu adalah kebencian terhadap perempuan. Kayanya ekstrim banget yah? Siapa juga yang tanpa alasan membenci orang lain kan? Lagian ya masa sih, ada orang yang pokoknya langsung gak suka aja …