Internalized misogyny: Waktunya kita introspeksi diri

Pernah denger istilah misogyny kan? Isu internalized misogyny ini pernah dibahas di Kami Perempoean lewat artikel Gue nggak kayak cewek-cewek lain, gue beda. Singkatnya, misogyny itu adalah kebencian terhadap perempuan. Kayanya ekstrim banget yah? Siapa juga yang tanpa alasan membenci orang lain kan? Lagian ya masa sih, ada orang yang pokoknya langsung gak suka aja …

Perempuan dan pilihan hidupnya di “Tetangga Masa Gitu?”

Beberapa hari yang lalu, salah satu mimin Kami Perempoean menyampaikan unek-uneknya soal orang-orang yang suka sibuk nge-judge dan ngebanding-bandingin ibu rumah tangga (IRT) dan working mom. Walaupun mimin-mimin lainnya belom berkeluarga apalagi punya anak, sering banget rasanya kami mendengar unek-unek ini dari wanita-wanita lain yang sudah berkeluarga. Yang pro IRT full time biasanya omongan nyakitinnya …

Rak Buku Kami, #3

Selamat hari Senin! Hari ini #kamiperempoean ngasih rekomendasi buku yang ketiga nih. Kamu udah baca buku-buku yang kami rekomendasikan sebelumnya kah? Kalaupun belom, semoga paling gak udah masuk daftar to-read yah.. Hehe 😀 Oiya, sebelumnya mimin-mimin mau minta maaf nih. Kami sebenernya berusaha banget supaya buku yang kami rekomendasikan seberagam mungkin, cuma kali ini lebih didominasi sama …

Menjadi wanita adalah menjadi manusia

Fenomena menarik terjadi di Indonesia selama dekade terakhir ini. Semakin banyak pergerakan-pergerakan kewanitaan yang digadang oleh srikandi-srikandi tanah air. Seiring dengan pertumbuhan Indonesia di tengah-tengah dunia global, negara juga tidak mau terlihat acuh. Negara berusaha mengimplementasi kebijakan-kebijakan yang memberikan kesempatan bagi wanita-wanita bangsa untuk dapat berdiri bersisian dengan pria dalam hal karir dan pendidikan. Namun, …

30 Hari Mencari Cinta dan Mengadu Domba Perempuan

Akhir minggu kemaren, mimin-mimin yang ceritanya lagi kurang hiburan dan pengen nostalgia masa muda memutuskan buat nonton ulang sebuah film layar lebar Indonesia yang sempet ngetop banget di jaman kami masih sekolah dulu: 30 Hari Mencari Cinta. Buat yang lupa plotnya karena ini film udah kelamaan atau yang malah gak tau plotnya karena tahun 2004 …