Renungan di Hari Kartini

Di tengah hari-hariku yang begitu-begitu saja, yang melulu menatap kodingan dan rumus matematika di depan layar komputerku, hiruk pikuk linimasa akun media sosialku lah yang menjadi pengingat apa-apa saja yang sedang terjadi di sekelilingku. Dan minggu lalu aku diingatkan bahwa sebentar lagi adalah Hari Kartini lewat seorang kakak yang sepertinya sedang mempersiapkan lomba pakaian daerah …

Internalized misogyny: Waktunya kita introspeksi diri

Pernah denger istilah misogyny kan? Isu internalized misogyny ini pernah dibahas di Kami Perempoean lewat artikel Gue nggak kayak cewek-cewek lain, gue beda. Singkatnya, misogyny itu adalah kebencian terhadap perempuan. Kayanya ekstrim banget yah? Siapa juga yang tanpa alasan membenci orang lain kan? Lagian ya masa sih, ada orang yang pokoknya langsung gak suka aja …

Aku perempuan, aku juga seorang ibu bekerja

Menjadi perempuan kadang kala tidak mudah. Pertanyaan jaman masih single “Kapan nikah?” lebih sering ditujukan kepada para perempuan. Karena perempuan semakin berumur dan belum menikah sepertinya terlihat lebih negatif dibandingkan dengan laki-laki yang semakin berumur malah dianggap semakin matang. Setelah menikah pun akan berlanjut dengan pertanyaan selanjutnya “Kapan punya anak?” dan seterusnya. Dilema menjadi perempuan …