Terrifying

Bidang yang gue geluti adalah bidang yang sering dianggep bidang "cowok". Dari jaman S1, temen-temen kuliah gue banyakan cowoknya daripada ceweknya. Jaman S2 juga gak beda jauh. Di tempat kerja, kadang-kadang masih untung kalau ada cewek lain selain gue di satu tim. Di tim gue yang sekarang proporsinya lebih berimbang, tapi dalam satu perusahaan dan …

Senandung Ria #7

Haloooo! Hari ini kami mau ngasih kalian mixtape senandung ria yang KETUJUH! Iya! Udah 7 mixtape aja loh. Hehe.. Btw, mixtape kali ini lagu-lagunya dari genre rock semua. Dan kalau kalian perhatiin, 3 lagu sendiri tuh dari The Regrettes. Mimin baru banget nih nemu band ini dan sukaaaa banget sama lirik-liriknya. Nih contohnya: Sometimes I'm …

Mau gak sama cowok yang “lebih rendah”?

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah diskusi di Quora. Pertanyaannya sendiri menarik sekali, ini kutipannya: Bagi para perempuan, apakah kamu keberatan memiliki suami yang lebih “rendah” daripadamu? Sebaliknya, bagi para lelaki, apakah kamu keberatan memiliki istri yang lebih "tinggi" daripadamu? Mengapa? (konteks: gaji, usia, pendidikan, tinggi badan) Jawaban di thread diskusinya sebenernya buat saya …

Senandung Ria #6

Halo! Apa kabar? Gak berasa udah nyaris dua bulan semenjak Senandung Ria yang terakhir. Di belahan dunia utara sini, musim semi udah dimulai. Cuaca makin menghangat dan bunga-bunga mulai bermekaran. Mimin udah mulai nyetok teh karena mimin hampir selalu sakit pas pergantian musim kayak begini -_-; Ngomong-ngomong, hari ini mimin-mimin pengen ngebagi playlist baru nih. …

Boys will be boys, girls have to be women

Dari awal bulan ini, saya baru aja pindah rumah. Kebetulan, rumah baru saya terletak deket banget sama sebuah SMP yang muridnya cukup banyak. Jadi, tiap pagi waktu jalan ke kantor, saya sering banget ngeliat murid-murid SMP berseliweran lari-lari ke sekolah. Gara-gara ini, saya jadi kadang-kadang jadi agak-agak mengobservasi gaya-gaya para bocah ini yang bermacam-macam. Ada …

Aku perempuan dan bagiku standar kecantikan adalah racun

"Turun 2 ons, Mak," atau "Aduh timbangannya rusak, Mak. Beratku 50.5 kg, masa naik lagi, Mak." "Diet Mama berhasil, Neng. Turun 6 ons," atau "Mama naik 1 ons, Neng jadi 64.3 kg, tapi tadi Mama timbang sambil bawa lontong." (Satuan kilogram di atas hanya fiktif belaka) Baru-baru ini, ada sebuah kejadian yang semakin menggelitik kesadaranku …

Internalized misogyny: Waktunya kita introspeksi diri

Pernah denger istilah misogyny kan? Isu internalized misogyny ini pernah dibahas di Kami Perempoean lewat artikel Gue nggak kayak cewek-cewek lain, gue beda. Singkatnya, misogyny itu adalah kebencian terhadap perempuan. Kayanya ekstrim banget yah? Siapa juga yang tanpa alasan membenci orang lain kan? Lagian ya masa sih, ada orang yang pokoknya langsung gak suka aja …